5 Tanda Pria Sehat



Pria Sehat
Pria Sehat
Tubuh manusia pasti akan memberikan tanda-tanda jika dalam kondisi sakit. Badan akan terasa lesu dan menggigil saat Anda demam. Tenggokan terasa gatal saat Anda mulai menderita batuk. Jacob Franek, Spesialis Manajemen Stress yang sering menulis isu-isu kesehatan di situs AskMen, memberikan lima tanda awal pada tubuh seorang pria untuk mengetahui apakah mereka sehat atau tidak.

1. Kuku Anda berwarna merah muda
 
Mungkin Anda tidak pernah mengira bahwa kuku bisa menentukan kondisi kesehatan seorang manusia. Tapi begitulah kenyataannya. Pada kondisi sehat, kuku akan berwarna merah muda, kuat, dan lembut. Perubahan yang menyolok pada kuku bisa menjadi pertanda Anda mengidap suatu penyakit.

Kuku tebal kekuningan yang lambat tumbuhnya menandakan Anda mengidap penyakit pernapasan seperti bronkitis kronis. Ada garis melekuk di permukaan kuku- disebut garis Beau- bisa jadi diabetes. Lalu kuku berbentuk seperti sendok menandakan kekurangan zat besi.

2. Warna Urin Kekuningan
 
Untuk seseorang yang sehat, urin berwarna kuning pucat. Warna kekuningan pada urin bisa beragam tergantung banyaknya cairan yang kita konsumsi. Saat mengonsumsi banyak air biasanya warna urin cenderung bening kekuningan. Tapi saat kita mengalami dehidrasi, warna itu berubah menjadi cokat gelap seperti air teh.

Bila ada bau manis, bau aneh, setetes darah, dan perubahan signifikan pada warna urin yang tidak berhubungan dengan obat-obatan, makanan, atau suplemen yang sedang Anda konsumsi, mulailah periksakan urin Anda.

3. Volume Ejakulasi Anda 2-5 ml
 
Pada usia subur, ejakulasi pria yang sehat harus sekitar 2-5 ml. Jika kurang dari itu, menandakan Anda dalam kondisi yang kurang subur. Hal ini disebut dengan istilah hypospermia, suatu kondisi yang mempengaruhi kesuburan laki-laki. Selain volume, warna dan konsistensi air mani juga menunjukkan kondisi tubuh Anda. Air mani pada pria sehat harus berwarna putih atau abu-abu dan lengket. Jika ada darah atau terlalu cair menandakan masalah kesehatan.

4. Denyut Jantung saat Beristirahat Berkisar 70 bpm
 
Nilai denyut jantung memang bervariasi pada usia seseorang, tapi untuk normalnya berada pada kisaran 70 dan 75 bpm. Untuk pria dewasa angka 60-100 bpm dianggap normal. Jadi tingkat denyut jantung di luar itu, bisa dikatakan Anda mengalami masalah kesehatan yang cukup serius.

5. Kulit yang Elastis
 
Elastisitas kulit umumnya digunakan untuk menilai kadar dehidrasi tubuh Anda. Kulit yang kusam dan tidak elastis menandakan kurang cairan. Untuk menguji elastisitas, cukup cubit kulit di punggung tangan. Jika kembali ke posisi semula tandanya kulit Anda sehat.

0 komentar: